Header Ads

test

Penggunaan Fungsi MAX, MIN, AVERAGE, SUM, dan COUNT

Pada kesempatan kali ini admin akan memperkenalkan fungsi dasar Microsoft Excel yang paling umum dipelajari oleh pemula, yaitu fungsi MAX, MIN, AVERAGE, SUM, dan COUNT beserta contoh penerapannya. Fungsi ini merupakan bagian dari fungsi statistik, untuk itu perhatikan contoh penggunaannya pada gambar berikut:

Contoh penggunaan fungsi MAX, MIN, AVERAGE, SUM, dan COUNT
Pada contoh diatas, cell B9 menampilkan hasil dari fungsi MAX yang digunakan untuk mencari nilai terbesar dari data yang berada pada range B3 sampai B7 yang hasilnya adalah 42, sedangkan cell C9 menampilkan nilai terendah dari cell C3 sampai C7, cell D9 menampilkan nilai rata-rata dari cell D3 sampai D7, cell E9 menampilkan jumlah nilai dari cell E3 sampai E7, serta cell F9 menampilkan jumlah data yang berupa angka dari cell F3 sampai F7.

Jika Anda masih bingung dengan deskripsi diatas, maka perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini:

Pertama fungsi MAX. Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi/terbesar dari sebuah range (data/kelompok data). Format dari fungsi ini adalah =MAX(number1,number2,…,number-n) atau =MAX(number1:number-n), dimana number1 sampai number-n merepresentasikan cell-cell tertentu. Contoh: =MAX(B3,B4,B5,B6,B7) atau dapat ditulis dengan =MAX(B3:B7). Penulisan format fungsi dengan cara kedua ini lebih direkomendasikan untuk menghitung data yang banyak, karena dapat menyingkat penulisan fungsi.
Contoh penggunaan fungsi MAX




Kedua fungsi MIN. fungsi ini digunakan untuk mencari nilai terendah dari sebuah range. Format penulisan fungsi ini sama dengan fungsi MAX, yaitu =MIN(number1:number-n). Contoh: =MIN(B3:B7)
Contoh penggunaan fungsi MIN
Ketiga fungsi AVERAGE. Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range/data. 
Format penulisan fungsi ini adalah =AVERAGE(number1:number-n). Contoh: =AVERAGE(B3:B7)
Contoh penggunaan fungsi AVERAGE
Keempat fungsi SUM. Fungsi ini digunakan untuk mencari jumlah nilai dari suatu range/data. Format penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1:number-n). Contoh: =SUM(B3:B7)
Contoh penggunaan fungsi SUM


Kelima fungsi COUNT. Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah data berupa angka dalam suatu range. Format penulisan fungsi ini adalah =COUNT(value1:value-n). Contoh: =COUNT(B3:B7)
Contoh penggunaan fungsi COUNT






Untuk membuktikan fungsi COUNT ini hanya berlaku untuk menghitung data yang berupa angka, perhatikan contoh berikut:
Contoh perbedaan fungsi COUNT dan COUNTA





Pada contoh tersebut, terlihat perbedaan antara cell B9, C9 dan D9. Pada cell B9 terhitung 5 data karena range B3 sampai B7 berisi data angka, pada cell C9 terhitung 4 data karena pada cell C7 tidak berisi data angka (melainkan data teks "Sepuluh") sehingga dianggap kosong, sedangkan pada cell D9 terhitung 5 data, karena meskipun pada cell D7 berisi teks namun fungsi yang digunakan adalah COUNTA (fungsi COUNTA digunakan menghitung banyak data pada suatu range baik berupa angka maupun huruf/teks).

Demikian pembahasan tentang fungsi statistik yang paling umum dipelajari oleh pemula, ini merupakan fungsi dasar dan masih ada bentuk lain dari fungsi-fungsi ini seperti AVERAGEIF, AVERAGEA, SUMIF, COUNTIF, COUNTA, dan lain-lain yang akan admin bahas pada postingan lain.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.