Header Ads

test

Mengenal Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi/software (perangkat lunak) yang merupakan bagian dari paket Software Microsoft Office. Perangkat lunak ini berjenis spreadsheet (lembar sebar). Aplikasi yang berbentuk worksheet (lembar kerja) ini dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk pengguna Apple Mac OS dan Microsoft Windows.

Microsoft Excel didesain untuk mengolah data secara otomatis, yakni berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data.


Tampilan Microsoft Excel 2016 

Microsoft excel bekerja dengan system workbook (buku kerja), sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja. Pada worksheet ini kita bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel tempat kita memasukkan data.

Istilah-istilah yang digunakan dalam Microsoft Excel:
  1. Column (kolom) yaitu deretan kolom dalam Excel yang diwakili dengan huruf A sampai XFD. Kolom dalam Microsoft Excel berjumlah 16.384 kolom (untuk versi 2007 dan seterusnya, sedangkan pada versi 2003 dan sebelumnya berjumlah 256).
  2. Row (baris) yaitu deretan baris dalam Excel yang diwakili dengan angka 1 sampai 1.048.576 (versi 2007 dan seterusnya, sedangkan pada versi 2003 dan sebelumnya berjumlah 65.536 baris).
  3. Cell (sel) yaitu kotak-kotak kecil gabungan dari kolom dan baris yang menjadi tempat data diketikkan. Masing-masing cell dibedakan dengan nama gabungan dari kolom dan baris, misal cell A3, B5, AA50, dan sebagainya. Jumlah cell pada Excel sejak versi 2007 sebanyak 17.179.869.184 cell. (pada versi 2003 dan sebelumnya berjumlah 16.777.216 cell).
  4. Range, yaitu cell atau kelompok cell yang ditandai/dinamakan berdasarkan cell kiri atas dan cell kanan bawah (Contoh: range B2:E5).
  5. Workbook (buku kerja) adalah file kerja excel yang di dalamnya terdapat beberapa worksheets, biasanya berekstensi xls atau xlsx.
  6. Worksheets (lembar kerja) adalah kumpulan cell-cell yang menjadi area kerja pada Microsoft Excel, biasanya dalam menunya bernama sheet1, sheet2, sheet3, dan seterusnya.
  7. Formula (rumus), yaitu kode atau rumus yang digunakan untuk melakukan semua kalkulasi dan manajemen data dalam Excel. Penulisan formula/rumus harus diawali dengan tanda “sama dengan” (=).
Berikut ini beberapa kegunaan Microsoft Excel: 
  1. Membuat sebuah laporan keuangan, mulai yang sederhana maupun yang kompleks 
  2. Melakukan analisa statistic dalam bentuk teks maupun diagram grafis secara otomatis 
  3. Melakukan perhitungan matematika, logika, statistika, finansial, dan lainnya dengan mudah. 
  4. Menyortir, mengurutkan, dan mengelompokkan data. 
Sejak awal peluncurannya sampai saat ini, Microsoft Excel telah sampai pada versi 16 dengan nama Excel 2016. Biasanya Microsoft Corporation mengupgrade versi Office setiap 3 tahun sekali.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.