Header Ads

test

Mengenal Rumus dan Fungsi Microsoft Excel

Formula dan Rumus pada Excel

Formula dan rumus adalah alat untuk melakukan penghitungan atau kalkulasi terhadap suatu nilai yang terdapat pada sel tertentu, baik sel itu sendiri maupun sel yang lain. Perhitungan tersebut dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian, pangkat, dan sebagainya. Formula dibentuk dari serangkaian nilai, alamat sel/range, operator-operator, maupun fungsi-fungsi excel.

Aturan Penulisan Formula/Rumus
  1. Penulisan sebuah fungsi selalu diawali dengan symbol “=” (sama dengan), kecuali fungsi tersebut terletak ditengah sebuah fungsi atau rumus)
  2. Tanda kurung pengapit berupa kurung buka dan kurung tutup sebagai pembatas argument harus berjumlah sama
  3. Argument selalu diapit dengan tanda kurung ( ).
  4. Pemisahan antarargumen berupa tanda baca koma (,) atau titik koma/semicolon (;) bergantung pada setting (pengaturan) yang ditetapkan pada komputer.
Operator dalam Microsoft Excel.

Operator merupakan simbol-simbol yang digunakan untuk mengolah operasi aritmatika, membandingkan, atau menggabungkan data dan angka. Dalam membangun rumus atau fungsi dapat digunakan satu atau lebih operator sesuai kebutuhan. Berukut ini beberapa operator yang umum digunakan dalam membangun rumus beserta contoh penggunaannya:
Operator-Operator Pada Excel

Selain rumus-rumus tersebut, excel telah menyediakan rumus-rumus khusus yang disebut dengan fungsi. Fungsi ini dibuat untuk memudahkan dalam melakukan kalkulasi khusus tanpa perlu menuliskan rumusnya secara manual. Fungsi-fungsi yang disediakan excel diantaranya:
  1. Fungsi Finansial (Financial). Berfungsi untuk menghitung kelayakan investasi, penyusutan (depresiasi) aktiva tetap, surat berharga, menghitung pinjaman (angsuran beserta bunga). 
  2. Fungsi Tanggal dan Waktu (Date & Time). Berfungsi untuk melakukan perhitungan waktu berdasarkan jam, menit, detik, hari, bulan, dan tahun
  3. Fungsi Matematika dan Trigonometri (Math & Trig). Berfungsi untuk melakukan perhitungan berupa penambahan, pengurangan, pangkat, akar, pembulatan angka, sudut, sinus, cosinus, tangen, hiperbola, dan sebagainya
  4. Fungsi Statistik (Statistical). Berfungsi untuk melakukan berbagai operasi perhitungan statistic meliputi rata-rata, median, standar deviasi, dan sebagainya
  5. Fungsi Lookup dan Referensi (Lookup & Reference). Berfungsi untuk menampilkan informasi berdasarkan pembacaan dari suatu table atau kriteria tertentu dalam suatu table/daftar
  6. Fungsi Database. Berfungsi dalam perhitungan dan pencarian data pada sebuah database
  7. Fungsi Teks (Text). Berfungsi untuk mendapatkan informasi tentang teks yang tesimpan dalam sel tertentu
  8. Fungsi Logika (Logical). Berfugnsi untuk menentukan suatu tes logika untuk menampilakan hasil proses berupa TRUE (benar atau bernilai 1) atau FALSE (salah atau bernilai 0)
  9. Fungsi Informasi (Information). Berfungsi untuk menghasilkan informasi tentang sel maupun range mengenai posisi maupun format yang berlaku padanya
  10. Fungsi Engineering. Berfungsi dalam perhitungan di bidang teknik dan matematika tingkat lanjut
Fungsi-fungsi excel yang banyak digunakan diantaranya:
  1. Fungsi SUM. Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah nilai dalam range (kumpulan beberapa sel) tertentu
  2. Fungsi MIN. Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai minimal (terendah) dari suatu range
  3. Fungsi MAX. Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai maksimal (tertinggi) dalam suatu range
  4. Fungsi AVERAGE. Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dalam suatu range
  5. Fungsi COUNT. Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah data dalam suatu range
  6. Fungsi IF. Fungsi ini digunakan untuk mengembalikan nilai dari suatu kondisi bersyarat, kondisi dalam fungsi IF berupa TRUE dan FALSE yang dapat diganti dengan ekspresi tertentu.
Demikian sekilas tentang pengenalan rumus dan fungsi dalam Microsoft Excel. Dengan rumus dan fungsi excel ini, kita dapat melakukan pengolahan data dengan cepat dan akurat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.